Algoritma Dalam Turbo Pascal | Pascal204™

Wednesday, August 1, 2012

Algoritma Dalam Turbo Pascal

    Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis.Kata Logis merupakan kata kunci dalam Algoritma. Langkah-langkah dalam Algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar.

Berikut Contoh Algoritma Dalam Turbo Pascal :
  • Algoritma Bilangan Ganjil dan Genap
Bilangan-bilangan yang paling dikenal adalah bilangan bulat 0, 1, -1, 2, - 2, ... dan bilangan-bilangan asli 1, 2, 3, ..., keduanya sering digunakan untuk berhitung dalam aritmatika.
Himpunan semua bilangan bulat dalam buku-buku teks aljabar biasanya dinyatakan dengan lambang Z dan sedangkan himpunan semua bilangan asli biasanya dinyatakan dengan lambang N.
Bilangan genap adalah bilangan bulat yang habis (tidak mempunyai sisa) apabila dibagi 2. Sedangkan bilangan ganjil adalah bilangan bulat yang tidak habis apabila dibagi 2.

  • Algoritma Menghitung Keliling dan Luas Lingkaran
Lingkaran adalah himpunan semua titik pada bidang dalam jarak tertentu yang disebut jari-jari dari suatu titik tertentu, yang disebut titik pusat. Lingkaran adalah contoh dari kurva tertutup sederhana, membagi bidang menjadi bagian dalam dan bagian luar.

Algoritma untuk menghitung luas dan keliling lingkaran disajikan dengan flowchart dibawah ini :
  •  Algoritma kalkulator sederhana 2 bilangan
 Kalkulator Sederhana yang dapat melakukan operasi + (penambahan), - (pengurangan), * (perkalian) dan / (pembagian). Kalkulator bersifat sederhana karena hanya melakukan perhitungan terhadap 2 bilangan saja.
Algoritma kalkulator sederhana disajikan dengan flowchart dibawah ini :


Mungkin hanya sedikit contoh algoritma yang saya berikan untuk sobat.
Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment